Pages

September 28, 2009

Desain Interface

Desain Interface

Kelompok : GILANG PALITO [nim: 30108216}
Sayid Ali [nim: 3010


Nama Web : Web Kompas
Alamat : http://www.kompas.com

Dalam pembuatan sebuah web, ada beberapa kriteria Desain Interface yang harus dipenuhi oleh Web tersebut. Maka, halaman web harus memenuhi beberapa prinsip Desain Interface agar bisa disesuaikan oleh user untuk kemudahan dalam pemakaian.
Dalam pembahasan kali ini, saya melakukan pengamatan pada sebuah Web yang sedah cukup besar, Apakah web ini memenuhi beberapa prinsip “ Desain Interface ?”, dan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam halaman web www.kompas.com ini

Pada perkembangannya, Web sangat dibutuhkan sekali sebagai media komunikasi yang bersifat maya dalam penyampaian informasi. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan beberapa persyaratan atau prinsip dalam Desain Interface sebuah Web, diantaranya :


1. Accessibility
Pemenuhan sebuah Web agar bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarat baik yang awam maupun yang berpengalaman.
Pada web kompas.com ini, sudah terlihat sangat mudah digunakan oleh user, karena web ini adalah web yang mengacu pada “Mass Media” yang pasti digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

2. Aesthecally Pleasing
Estetika dan kesopanan harus sangat diperhatikan dalam Desain Interface, Web kompas.com sangat menjunjung tinggi prinsip ini. Desain interface web ini dikemas dengan sederhana dan sangat jauh dari unur sara.

3. Availability
Beberapa aplikasi yang ada dalam web ini memenuhi prinsip ketersedian, seperti tidak ada aplikasi yang berubah-ubah selalu exist di halaman web tersebut.

4. Clearity
Kompas.com secara visual, konseptual, function device dan tata bahasa telah memenuhi prinsip dan bisa meyakinkan user dalam menggunakan tools yang tersedia pada halaman.

5. Compatibility
Interface pada halaman web sesuai dengan user perspective. Karena desain yang dikemas tidak terdapat pemakaian tools dan menu yang tidak terlalu berguna dan didesain sesuai kebutuhan sebagai Mass media (sesuai dengan jenis web ini).

6. Configurability
System kendali yang mudah diatur dan sederhana

7. Consistency
System yang ada berjalan untuk setiap aksi yang sama akan menghasilkan result yang sama, dan dan beberapa fungsi elemen pada systemnya tidak berubah dan sangat menjaga konsistensi web ini.

8. Control
Control pada Web ini ada pada user tapi peforma sedikit kaku tapi cukut flexible dan compatible untuk kelas “Web Mass Madia”.

9. Direct
Efek aksi cukup bisa memungkinkan pada setiap tools.

10. Efficiency
Cukup meminimalisir perpindahan mata dan tangan user dalam penggunaan .

11. Familiarity
Konsep tata letak instruksi dan bahasa yang ada sudah sangat memenuhi syarat, dan tidak terdapat beberpa bahasa yang membingungkan user.
.
12. Obviousness
Mudah untuk dipelajari dan sangat mudah untuk dimengerti khususnya bagi pengguna baru.



Kelebihan :
Beberapa system control yang dikemas secara sederhana pada web ini sangat memudahkan bagi user. tampilan yang tidak mencolok dan sempurna untuk cyber mass media class.

Kekurangan
Interaksi yang minim apabila user ingin melakukan bekomunikasi langsung dan akan lebih lengkap apalibila dilengkapi dengan "News video"

Saran : Secara garis besar situs ini sudah memenuhi semua prinsip Desain Interface. hanya hanya perlu penambahan "News Video".

0 komentar:

Posting Komentar